G F W

Group Field Work (GFW) adalah kegiatan bersama (kelompok) untuk melakukan studi banding atau Field Study atau Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang diwajibkan bagi mahasiswa Magister Teknik Sipil FT-Undip sebagai bagian dari Kurikulum program studi. Kegiatan GFW ini dijadualkan dapat dilaksanakan pada Semester 3 atau semester 4. Tujuan dari kegiatan GFW ini adalah untuk :

  1. Memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk melaksanakan GFW ini secara mandiri terprogram (dari mahasiswa untuk mahasiswa) sehingga meningkatkan kerjasama antar mahasiswa, komunikasi antar mahasiswa dan komunikasi dengan pihak/instansi luar, dan perluasan jaringan kerja (networking).
  2. Memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mengeksplore secara detail dan mendalam dari berbagai aspek setiap proyek/kegiatan yang dikunjungi serta melakukan studi banding untuk memperoleh pelajaran best practices di lapangan.
  3. Memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, ketrampilan, dan cara pandang terhadap pelaksanaan, operasi, dan perawatan, serta pengelolaan suatu proyek/kegiatan secara profesional.

Bentuk dari GFW bisa berupa :

  1. Kunjungan studi banding ke proyek proyek konstruksi ke-teknik-sipil-an Kunjungan studi banding ke proyek proyek operasi dan pemeliharaan bangunan/infrastruktur ke-teknik-sipil-an.
  2. Kunjungan studi banding ke instansi pengelolaan bangunan/infrastruktur ke-teknik-sipil-an.
  3. Kunjungan studi banding ke instansi pemerinah dan/atau swasta yang terkait dengan pengelolaan bangunan/infrastruktur ke-teknik-sipil-an.
  4. Praktek kerja pembangunan/pembuatan bangungan/infrastruktur ke-teknik-sipil-an dalam rangka pengabdian pada masyarakat. Misal pembuatan Taman Kota Berkonsep LID (Low Impact Development), Pembuatan Percontohan Rumah Tahan Gempa, Pembuatan Percontohan Bangunan Tahan Tsunami, Pembuatan Percontohan “underground reservoir” untuk suatu kawasan, Pembuatan percontohan pemanenan air hujan (rain harvesting), Pembuatan Percontohnan Taman Identitas Teknik Sipil Undip berkonsep LID, dan lain sebagainya.

Prosedur pelaksanaan GFW secara umum mengikuti :

  1. Kelompok mahasiswa membuat proposal kegiatan GFW yang diajukan ke Program Magister Teknik Sipil FT-Undip.
  2. Ketua Program studi akan menjadwalkan pada kelompok mahasiswa tersebut untuk presentasi proposal GFW nya dan selanjutnya akan menentukan dosen pembimbing GFW.
  3. Finalisasi proposal kegiatan GFW dilakukan oleh kelompok mahasiswa pada dosen pembimbing GFW.
  4. Proses administrasi dan surat menyurat ke instansi yang terkait dengan pelaksanaan GFW.
  5. Pelaksanaan GFW dengan didampingi oleh dosen pembimbing GFW
  6. Pembuatan Laporan Pelaksanaan GFW secara kelompok.
  7. Presentasi Laporan pelaksanaan GFW dan pembagian tugas individu anggota kelompok mahasiswa.

Pembuatan Laporan individu dan di asistensikan kepada dosen pembimbing GFW