Profil

Profil Magister Teknik Sipil-Universitas Diponegoro

backdrop

Program Studi Magister Teknik Sipil Program Pascasarjana Universitas Diponegoro (PPs-UNDIP) berdiri berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdikbud tanggal 28 Juli 1998, Nomor : 249/Dikti/Kep/1998. Program Studi Magister Teknik Sipil PPs-UNDIP mulai menyelenggarakan pendidikan sejak bulan September 1998.

Sesuai dengan visi dan misi yang telah disusun, Program Studi Magister Teknik Sipil PPs-UNDIP memiliki tujuan menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan luas, kemampuan akademik dan profesional untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu ke-Teknik Sipil-an, kemampuan menstransfer IPTEK serta menerapkannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk menjadi mahasiswa di Program Studi Magister Teknik Sipil PPs-UNDIP disyaratkan lulusan sarjana Teknik Sipil, Perencanaan Wilayah Kota, S-1 bidang Ilmu Transportasi dan telah dinyatakan lulus ujian seleksi masuk.

Program Studi Magister Teknik Sipil PPs-UNDIP termasuk cukup produktif, Dalam waktu 6 tahun (Data sampai Desember 2004), Program Studi Magister Teknik Sipil PPs-UNDIP telah meluluskan 112 orang Magister Teknik Sipil. Saat ini mahasiswa Program Magister Teknik Sipil berjumlah 237 orang, terdiri dari 215 mahasiswa aktif dan 22 mahasiswa non aktif (mengundurkan diri).

Peminat dan peserta berasal dari berbagai propinsi di Indonesia, yaitu Jawa Tengah, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Bengkulu, Lampung, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah, Papua, dan Kalimantan Timur. Hal ini membuktikan bahwa Program Studi Magister Teknik Sipil PPs-UNDIP sudah dikenal dan diminati oleh masyarakat secara luas.

Dosen tetap maupun dosen tidak tetap sebagai pengampu dalam proses pembelajaran pada Program Magister Teknik Sipil PPs-UNDIP tercatat sebanyak 62 orang Dosen berpendidikan S-2 sebanyak 50 orang, sedangkan yang berjenjang pendidikan S-3 sebanyak 11 orang atau dengan nisbah nyata dosen mahasiswa sebesar 1 : 4. Ditinjau dari kewenangan akademik staf pengajar yang ditunjukkan melalui jabatan fungsionalnya. Dilihat dari jabatan akademik dosen terdiri dari 6,45 % guru besar, 87,29% lektor kepala dan 6,45. % lektor. Sejumlah dosen merupakan dosen tidak tetap (profesional dari instansi teknis) dengan kualifikasi akademik dan jabatan fungsional yang memenuhi syarat.

Kurikulum Program Studi Magister Teknik Sipil PPs-UNDIP disusun mengacu kepada kebutuhan pembangunan nasional serta perkembangan masyarakat profesi dan pengguna, baik lokal, regional maupun global, dengan muatan wawasan lingkungan. Kurikulum Program Studi Magister Teknik Sipil PPs-UNDIP disusun dan dikelompokkan untuk 4 konsentrasi, yaitu :

  1. Sumber Daya Air (diselenggarakan sejak berdiri pada tahun 1998) ;
  2. Transportasi (diselenggarakan sejak berdiri pada tahun 1998) ;
  3. Manajemen dan Rekayasa Infrastruktur (diselenggarakan sejak tahun 2002) ;
  4. Struktur (diselenggarakan sejak tahun 2002).

Implementasi kurikulum Program Studi Magister Teknik Sipil PPs-UNDIP dilaksa-nakan sistem kredit semester (sks) dengan beban minimal 40 sks terdiri dari mata kuliah wajib dan pilihan, termasuk tesis 6 sks.

Fasilitas sarana dan prasarana pendidikan yang digunakaan secara tetap oleh Pro-gram Studi Magister Teknik Sipil PPs-UNDIP terdiri dari : 5 laboratorium di lingkungan Fakultas Teknik UNDIP dan 2 laboratorium di institusi lain-lain di luar UNDIP, 6 ruang kuliah tersedia di Gedung Program Magister Teknik Sipil PPs-UNDIP, berkapasitas antara 25 hingga 50 orang, dan ruang-ruang lain di laboratorium. Ruang pengelola terdiri dari 1 ruang ketua dan sekretaris program studi, 2 ruang administrasi, 1 ruang dosen, 1 ruang perpustakaan dan 1 ruang komputer. Perpustakaan Program Magister Teknik Sipil PPs-UNDIP saat ini mempunyai koleksi sekitar 800-an judul, terdiri dari 432 judul berbahasa asing dan 300-an judul berbahasa Indonesia. Selain buku textbook tersebut di atas, tersedia pula jurnal, baik Jurnal Internasional (8 Judul) maupun Jurnal Nasional (3 Judul yang diterbitkan di lingkungan UNDIP, 2 di antaranya sudah Terakreditasi). Selain itu juga dapat menggunakan fasilitas di tingkat Universitas, Fakultas maupun Pascasarjana, terutama perpustakaan dan laboratorium.

Pengelolaan keuangan Program Studi Magister Teknik Sipil PPs-UNDIP dilakukan di tingkat Program Pascasarjana. Program Studi Magister Teknik Sipil PPs-UNDIP mem-peroleh dana dari dua sumber, yaitu : (1) Daftar Isian Kegiatan Suplemen (DIKS), yaitu berasal dari SPP mahasiswa dari beasiswa non Biaya Pendidikan Program Pascasarjana (BPPS), dan dari Sumbangan Bantuan Pendidikan (SBP) mahasiswa ; (2) Anggaran Proyek (DIP) yaitu berasal dari beasiswa BPPS. Bidang pembiayaan yang paling besar memerlukan biaya adalah penyelenggaraan pendidikan (? 60%), sedangkan biaya Kegiatan perkuliahan dan akademik pada Program Studi Magister Teknik Sipil PPs-UNDIP dilaksanakan pada semester I sampai dengan akhir semester III, dilanjutkan dengan tugas akhir (tesis), yang dapat mulai dikerjakan pada semester III dan IV, dengan lama studi terprogram adalah 4 semester. Mahasiswa yang dinyatakan lulus akhir program mendapatkan gelar Magister Teknik (MT). Strategi, metoda dan tujuan dalam kegiatan mengajar disesuaikan dengan peraturan akademik yang berlaku di Program Studi Magister Teknik Sipil PPs-UNDIP. Di Program Studi Magister Teknik Sipil PPs-UNDIP telah dikembangkan jaringan Lokal (LAN), yang mendukung pelayanan informasi akademik bagi mahasiswa, akses internet dan website.

Sesuai dengan program penyelenggaraan pendidikan Program Studi Magister Teknik Sipil PPs-UNDIP, mahasiswa diharapkan dapat menyelesaikan studinya dalam tepat waktu. Sampai pada angkatan ke-7 tahun 2004, mahasiswa Program Studi Magister Teknik Sipil PPs-UNDIP sebagian berasal dari karyawan instansi pemerintah, swasta dan staf pengajar dari perguruan tinggi dengan variasi umur, latar belakang pekerjaan yang berbeda. Keragaman ini menuntut penanganan yang disesuaikan dengan kondisi mahasiswa, hal ini ditunjukkan oleh lama studi mahasiswa yang sangat bervariasi mulai dari yang tercepat selama 17 bulan dan terlama 71 bulan, dengan rata rata lama studi 37 bulan. Kegiatan penelitian yang dilakukan dosen tetap pada Program Studi Magister Teknik Sipil PPs-UNDIP sampai dengan saat ini telah dapat mendukung kegiatan ilmiah dan penyusunan tesis bagi mahasiswa. Jumlah judul penelitian dan publikasi ilmiah yang dilakukan sampai saat ini sebanyak 211 judul yang melibatkan 18 dosen, sedangkan untuk hand out yang telah disusun oleh para staf Program Studi Magister Teknik Sipil PPs-UNDIP sebanyak 8 judul.

Magister Teknik Sipil UNDIP © 2014
Phone/Fax +6224-8311802
Hayam Wuruk No. 5 – 7 Semarang
mts[at]undip.ac.id