Latar Belakang

Jurusan Teknik Sipil Universitas Diponegoro dilahirkan atas inisiatif Ir. J. Rais (pada waktu itu menjabat sebagai Kepala Kantor Pendaftaran Tanah Semarang) dan Ir. Gunawan, pada tahun 1958. Pada awalnya Jurusan Teknik Sipil berada di bawah Akademi Teknik Semarang, Universitas Semarang. Pada tanggal 9 Januari 1960, nama Universitas Semarang diganti menjadi Universitas Diponegoro. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1961, Universitas Diponegoro menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Dan pada saat itu Jurusan Teknik Sipil merupakan satu‑satunya jurusan di Fakultas Teknik.

Seiring dengan perkembangan pembangunan nasional dan kebutuhan tenaga ahli di bidang teknik sipil dengan tingkat kompetensi magister, maka dengan di prakarsai oleh Prof. Ir. R. Soediro (alm.) dan Prof. Ir. Joetata Hadihardaja, maka pada tahun 1998 di buka Program Studi Magister Teknik Sipil, Universitas Diponegoro sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 249/DIKTI/Kep/1998 tanggal 28 Juli 1998 tentang Pembentukan Program Studi Magister Teknik Sipil pada Universitas Diponegoro, Program Magister Teknik Sipil Universitas Diponegoro.

Staf Pengajar pada Magister Teknik Sipil Universitas Diponegoro pada saat ini berjumlah 32 orang dosen tetap dan 15 orang dosen tidak tetap, yang semuannya berlatar belakang pendidikan S3 dan 12 bergelar Professor. Untuk menunjang kegiatan pendidikan, Jurusan Teknik Sipil Universitas Diponegoro, dilengkapi dengan berbagai fasilitas: laboratorium, perpustakan, ruang seminar, dll. Fasilitas laboratorium yang tersedia antara lain : Laboratorium Pengaliran, Laboratorium Mekanika Tanah, Laboratorium Bahan Bangunan, Laboratorium Mekanika Fluida. Laboratorium Geodesi, Laboratorium Geologi, dan Laboratorium Transportasi dan Teknik Lalu Lintas.

Setelah tujuh tahun beroperasi, maka pada pertengahan tahun 2005, Program Magister Teknik Sipil PPs UNDIP dinyatakan terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) dengan peringkat baik (B) berdasarkan sertifikat Akreditasi BAN PT-No.00520/AK-IV/S2-007/UDEMTS/VI/2005, tanggal 23 Juni 2005 dan diperbaharui dengan sertifikat Akreditasi BAN PT. No. 007/BAN-PT/Ak-VIII/S2/VII/2010.